Pages

Sunday, August 26, 2012

Contoh Soal UKG dari Kemdikbud

Kemdikbud menyediakan contoh atau kisi-kisi soal demi untuk mempermudah para guru peserta UKG Online / offline. Contoh soal tersebut dapat diakses secara gratis di www.ukg.kemdikbud.go.id. Contoh soal tersebut merujuk pada Kisi-kisi UKG 2012 yang bisa diunduh disini. Di sana terdapat pedoman-pedoman bahasan yang diujikan, 30 persen pedagogik, 70 profesional.

Pemerintah (Kemdikbud) menjamin semua soal telah melewati proses matang dari awal penyusunan sampai didistribusikan ke dalam naskah soal (online/manual). Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik (Kepala BPSDMP-PMP) Kemdikbud Syawal Gultom menjelaskan, kisi-kisi soal UKG dikembangkan merujuk pada kurikulum nasional. Setelah itu, butir-butir soal tersebut dinilai oleh para pakar yang kompeten sebelum diujicobakan dan ditetapkan menjadi soal UKG.

Berikut kami tampilkan contoh soal yang disajikan dalam UKG juga yang dinilai sementara pihak melenceng dari subtansi uji kompetensi.

Soal UKG Sosiologi (SMA)


Perkelahian pelajar terus meningkat. Pelajar bersikap seperti preman. Konflik semacam ini harus diselesaikan dengan cara...
a. Konsiliasi
b. Mediasi
c. Arbitrasi
d. Komunikasi

Soal ini menurut sebagian guru tidak jelas arahnya atau terlalu umum karena belum selesai (belum mengarah pada jawaban yang diinginkan penulis soal). Pilihan jawaban pun dinilai terlalu terbatas.

Soal UKG Matematika (Guru Kelas SD



Lingkaran dengan jari-jari 7 cm berada dalam bangun persegi panjang rusuk 14 m dan 20 cm. Luas persegi panjang di luar lingkaran adalah ... cm2
a. 124
b. 123
c. 125
d. 126

Soal ini menurut sebagian guru walaupun dihitung tetap ada jawabannya, dengan alasan "persegi panjang tidak ada rusuknya".

Soal UKG Bahasa Indonesia (SMP)



Budi, Reni , dan Bambang bermaksud rumah pak Ramli, gurunya ..... sepakat berangkat minggu pagi pukul 07.00 agar bisa bertemu dengan pak Ramli. Namun sayang, begitu sampai dirumah pak Ramli, keadaan sepi .... pergi pagi sekali. Begitu tutur tetangga. Sebelum rumah pak Ramli ..... mengatakan bahwa pak ramli berpesan kalau ada tamu harap menunggu karena hanya pergi sebentar.
Kata ganti yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...

A.kami ; dia ;beliau ; biliau
B.kami : beliau ; beliau ; dia
C.mereka ; beliau ; dia ; beliau
D.mereka ; dia ; belau ; saya

Sebagai catatan, soal-soal tersebut ditulis berdasarkan naskah soal aslinya. Kesalahan huruf dan tanda baca merupakan kesalahan yang berasal dari soal UKG tersebut.

Dilain pihak pihak Kemdikbud Syawal menegaskan bahwa semua butir soal dapat dijamin konten validitasnya. Karena, menurutnya, semua soal UKG merupakan representatif berdasarkan mapping pada kisi-kisi soal UKG. Demikianlah contoh soal yang penting diketahui oleh para guru di mana pun berada. Semoga bermanfaat dan di UKG Online / offline gelombang kedua semoga bisa lebih baik lagi, Amin Yaa Rabbal Alamin! Salam sukses!

Related Articles:

0 comments:

Post a Comment