Pages

Sunday, August 26, 2012

Contoh Soal UKG IPA SMP

Mapel IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) SMP merupakan salah satu mata pelajaran Ujian Nasional di SMP/MTs. Guru SMP yang mengasuh Mapel IPA termasuk guru yang di uji kompetensi disamping guru-guru lainnya seperti guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS, Matematika, PKn, Bimbingan Konseling (BK), dan guru Penjaskes. Contoh soal UKG Guru IPA SMP yang kami tampilkan dikembangkan dari sekitar 5 kompetensi profesional, dimana masing-masing beserta sub kompetensi, dan indikator esensialnya. Kompetensi profesional yang dimaksud diantaranya terdiri dari penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA di SMP/MTs dan menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran pelajaran IPA di SMP/MTs.

Contoh soal UKG SMP IPA:


  1. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel

  2. Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya

  3. Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

  4. Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari

  5. Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya

  6. Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

  7. Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya



Demikian salah satu model pengayaan / pengembangan Soal UKG SMP bidang studi IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) berdasarkan kisi-kisi UKG Online Guru IPA di SMP, semoga bermanfaat!


Related Articles:

0 comments:

Post a Comment